Edukasi Katadata, Inilah Cara Mudah Cegah Dan Cara Atasi Nyeri Sakit Gigi

Dilansir edukasi katadata, bahwa rasa sakit gigi adalah salah satu gangguan kesehatan yang menjadi salah satu jenis gangguan kesehatan paling sering terjadi dikehidupan kita. Sakit gigi adalah gangguan kesehatan pada gigi dan mulut yang tentu sangat menganggu sekali. Rasa nyeri pada sakit gigi sendiri tentunya sangat menganggu segala aktivitas dimana pasti kita akan kesulitan dalam mengkonsumsi makanan, berbicara, beristirahat karena rasa nyeri yang tidak tertahan pada sakit gigi.

Sakit gigi sendiri pada beberapa kasus banyak sekali disebaban oleh buruknya seseorang dalam menjaga kesehatan tubuh sehingga membuat kuman dan bakteri bersarang pada gigi yang menyebabkan gigi berlobang dimana kondisi gigi berlobang ini apabila dibiarkan akan membuat kondisi gigi semakin buruk dan menimbulkan rasa sakit nyeri gigi. Namun pada beberapa kasus sakit gigi ini bisa disebabkan karena gangguan kesehatan gigi lainnya yang membuat rasa nyeri sakit pada gigi tak tertahankan. Bagi kamu yang mungkin sering kali mengalami rasa nyeri sakit gigi, begini cara mudah atasi nyeri sakit gigi.

Dilansir Edukasi Katadata, Ini Cara Atasi Nyeri Sakit Gigi Praktis Dirumah

Rasa nyeri sakit gigi yang tidak tertahankan adalah gangguan kesehatan yang tidak bisa disepelekan sebab rasa nyeri pada gigi ini tentu akan membuat kita sangat tidak nyaman. Rasa nyeri yang mungkinn sangat menyakitkan bisa membuat segala aktivitas kita terhambat karena kesulitan untuk berbicara, konsumsi makanan bahkan untuk beristiraha sajapun sangat sulit. Bagi kamu yang mungkin sering kali mengalami kondisi nyeri sakit gigi, inilah beberapa cara atasi nyeri sakit gigi praktis dirumah saja dilansir dari edukasi katadata.

1. Melakukan Kompres Pada Es Batu

Salah satu cara yang bisa dilakuan apabila mengalami rasa nyeri sakit gigi dan juga disertai komplikasi bengkak pada pipi seperti yang dilansir edukasi katadata, bahwa salah satu cara untuk atasi nyerinya adalah dengan melakukan kompres pada es batu. Cara ini bisa dibilang efektif untuk meredakan sakit gigi terutama pada kondisi yang disertai dengan pipi bengkak. Selain meredakan bengkak, kompres dingin juga membantu untuk mengurangi nyeri serta perdarahan ke dalam jaringan gusi pada gigi.

2. Melakukan Kumur Dengan Air Garam

Alternatif cara lain untuk menghilangkan rasa nyeri sakit gigi adalah dengan melakukan kumur air garam. Cara ini adalah salah satu cara yang dipercaya bahkan sudah sejak dahulu dapat meredakan nyeri sakit gigi. Sebelum melakukan kumur air garam, dianjurkan untuk melakukan flossing gigi terlebih dahulu dimana cara ini adalah dengan membersikan gigi dari segala sisa-sisa makanan. Cara sederhana ini diakui banyak efektif untuk mengatasi rasa nyeri sakit gigi.

3. Konsumsi Obat Pereda Nyeri

Salah satu cara yang juga bisa dijadikan opsi untuk menghilangkan rasa sakit nyeri pada gigi adalah dengan mengkonsumsi obat pereda nyeri. Konsumsi obat pereda nyeri ini harus disesuaikan dengan resep dokter dan dianjurkan untuk dikonsumsi saat rasa nyeri pada gigi yang tak tertahankan hal ini guna untuk membiarkan tubuh untuk tetap beristirahat agar mengurangi risiko kondisi drop pada tubuh.

Cara Mencegah Sakit Gigi Efektif Dilansir Edukasi Katadata

Seperti beberapa cara mengenai menghilangkan rasa sakit gigi yang telah unijan.ac.id rangkum diatas, cara ampuh untuk menghilangkan nyeri sakit gigi adalah dengan cara mencegahnya. Mencegah adalah tindakan paling bagus untuk menghindari rasa sakit gigi. Seperti kita ketahui bahwa rasa sakit nyeri pada gigi sangatlah luar biasa sehingga dapat menganggu kondisi kesehatan tubuh yang lain, dimana rasa nyeri sakit gigi bisa membuat kesulitan dalam beristiraha serta membuat tubuh drop. Ada istilah mencegah lebih baik dari pada mengobati, maka mencegah gigi agar tetap kondisi yang sehat adalah cara efektif untuk menghindari dari segala sakit gigi.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah sakit gigi, dilansir edukasi katadata dimana rutin melakukan sikat gigi setiap malam dan pagi karena pada saat kondisi ini bakteri pada gigi sedang aktif sehingga dengan membersihkan gigi bisa membuat bakteri serta kuman pada gigi tidak aktif, selain itu juga rutin menjaga kesehatan gigi dengan menggunakan mouthwash. Selain cara sederhana tersebut yang bisa dilakukan dirumah, cara efektif untuk cegah gigi sakit dan berlubang adalah rutin untuk memeriksa kesehatan gigi ke dokter gigi karena disinilah semua masalah bisa terdeteksi serta segera diatasi.

Tentu rasa sakit gigi yang tak tertahankan merupakan kondisi gangguan kesehatan yang sangat menganggu karena segala aktivitas bisa berantakan karena rasa nyeri pada gigi yang membuat kesulitan untuk beraktivitas. Oleh sebab itu untuk tetap menjaga kesehatan gigi dengan rutin mengosok gigi dan melakukan cek kesehatan gigi ke dokter gigi adalah cara ampuh untuk mencegah sakit gigi.

 

 

Leave a Comment