Religi Katadata, Ini Waktu-Waktu Mustajab Untuk Berdoa

Dalam ajaran agama Islam, umat Islam diwajibkan apabila hendak meminta sesuatu mintalah kepada Allah SWT sebagai Tuhan Yang Maha Esa juga lagi Maha Pemberi. Allah SWT sendiri menyuruh umat-Nya apabila sedang mengalami kesulitan, hendak menginginkan sesuatu maka datanglah kepada Allah SWT untuk berdoa, sholat dan meminta kepadanya. Dalam melakukan permintaan ini kita dianjurkan untuk melakukan doa yang pada umumnya dilakukan setelah sholat. Pada doa inilah kita tidak boleh ragu dan harus yakin bahwa apa yang kita doakan akan didengar oleh Allah SWT serta akan dengan mudah dikabulkan.

Menurut beberapa sumber, dalam ajaran Islam. Ketika hendak melakukan doa ada waktu-waktu mustajab yang dimana pada waktu ini Allah SWT diisyiratkan lebih dekat untuk Hamba-Nya apaila Hamba-Nya menjalankan beberapa isyarat yang dianjurkan. Lalu apa-apa waktu yang dianjurkan menurut ajaran agama Islam mengenai waktu yang mustajab dalam berdoa kepada Allah SWT. Berikut penjelasan lengkapnya.

Waktu-Waktu Mustajab Dalam Berdoa Menurut Religi Katadata

Doa adalah sesuatu yang paling ampuh apabila kita hendak meminta pertolongan kepada Allah SWT. Dengan melakukan sholat dan melakukan doa, seakan-akan kita sedang mengadu kepada Allah atas segala permasalahan kita. Allah SWT yang Maha Penyayang tentu akan selalu mendengar dan selalu ada untuk umat-Nya.. Dilansir beberapa sumber termasuk seperti religi katadata, disebutkan bahwa ketika kita sedang hendak meminta atau memohon sesuatu, dianjurkan kita berdoa pada waktu-waktu yang mustajab. Berikut beberapa waktu mustajab yang dianjurkan untuk berdoa.

1. Sepertiga Malam Berakhir

Sepertiga malam terakhir menjadi salah satu waktu mustajab untuk berdoa. Kisaran waktunya ialah mendekati Subuh atau di waktu sahur ketika berpuasa. Pada waktu ini sangat dianjurkan untuk berdoa karena ini adalah waktu yang mustajab untuk melakukan berdoa. Apalagi jika kita setelah melakukan sholat qiyamul lail maka dengan izin Allah SWT doa-doa kita Insya Allah cepat dikabulkan.

Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya pada malam hari itu ada suatu waktu yang jika kebetulan seorang muslim berdoa meminta kebaikan dunia dan akhirat ketika itu, maka Allah akan mengabulkan doanya. Dan waktu yang mustajab itu ada terus setiap malam.” (HR Ahmad dan Muslim).

2. Waktu Di  Antara Azan dan Iqamah

Waktu yang mustajab berikutnya untuk berdoa adalah waktu saat antara azan dan iqamah. Walau terbilang singkat, waktu antara adzan dan iqamah harus dimanfaatkan dengan baik. pada momen tersebut, kaum muslimin dapat memanfaatkan waktu dengan berdoa. Dalam sebuah hadits, Nabi Muhammad SAW bersabda: “Jika adzan untuk salat telah dikumandangkan, maka dibukalah pintu-pintu langit dan doa pun dikabulkan,” (HR Ahmad dan Tirmidzi).

3. Diwaktu Saat Lapang

Salah satu waktu yang sangat mustajab yang telah unijab.ac.id rangkum dari beberapa sumber mengenai untuk berdoa berikutnya adalah waktu saat lapang. Maksud waktu saat lapang disini ialah ketika manusia merasa lapang dan cukup akan nikmat yang Allah berikan maka ia dianjurkan berdoa. Sebab, pada keadaan itu justru Allah akan mengabulkan doa seorang hamba. Sebagaimana yang kita ketahui, manusia baru mengingat Tuhan ketika ditimpa musibah atau dalam keadaan yang sulit. Melalui sabdanya, Rasulullah SAW berkata: “Barangsiapa yang menginginkan doanya dipenuhi Allah ketika ia dalam kesulitan, maka hendaklah ia memperbanyak doa di waktu lapang.” (HR Tirmidzi dan Hakim).

4. Waktu Saat Sedang Hujan

Berikutnya menurut riwayat yang telah kami kutip dari religi katadata bahwa waktu mustajab untuk berddoa berikutnya adalah waktu saat sedang hujan. Hujan adalah rahmat yang diturunkan oleh Allah SWT melalui curahan air dari langit. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Dua orang yang tidak ditolak doanya adalah ketika adzan dan ketika rapatnya barisan saat perang.’ Dalam riwayat lain disebutkan, “Dan ketika hujan turun.” (HR Abu Dawud).

Berdoa Dengan Rasa Yakin dan Percaya Jalan Allah SWT Sebagai Adab Dalam Berdoa Menurut Religi Katadata

Ketika hendak melakukan doa, selain dilakukan setelah melakukan ibadah seperti ibadah fardhu dan sunnah hingga juga berdoa pada saat waktu-waktu mustajab seperti yang telah disebutkan diatas. Dalam berdoa juga kita harus melakukannya dengan adab rasa yakin dan percaya kehendak Allah SWT. Maksudnya adalah kita harus sabar dan tidak memaksa untuk segera dikabulkan. Karena sesungguhnya Allah SWT adalah Maha Mengetahui segala kebutuhan Hamba-Nya. Kita harus berdoa dengan rasa yakin bahwa doa yang kita panjatkan tidak akan perrnah kembali dengan tangan kosong. Allah SWT pasti selalu mengabulkan doa-doa hamba-Nya saat waktu yang tepat. Oleh sebab itu, rasa yakin dan selalu percaya ketetapan Allah SWT adalah salah satu cara untuk doa kita dikabulkan oleh Allah SWT.

Itulah tadi pembahasan sedikit mengenai beberapa waktu yang mustajab dan dianjurkan untuk berdoa apabila hendak memohon sesuatu. Tentu sebagai umat Islam kita harus percaya bahwa hanya dengan berdoa kepada Allah SWT adalah tempat sebaik-baiknya meminta pertolongan serta bantuan karena Allah SWT Maha Kuasa atas segala hal.

Leave a Comment